VPN Connection Linux - Koneksi VPN Linux

Salam,

Hello readers, geeks!

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara pengguna dalam host untuk mengamankan lalu lintas jaringan yang terikat dengan menggunakan enkripsi pada setiap paket yang dikirimkan di jaringan sehingga meminimalisir akibat dari aktivitas Sniffing dan semacamnya.

Salah satu cara menghubungkan pc dengan jaringan VPN yaitu dengan menggunakan OpenVPN, VPN yang bersifat gratis yang bisa diakses di vpnbook.com . Namun kita hanya memiliki waktu 3 hari pada akun gratis tersebut. Berikut langkah menghubungkan pc dengan VPN.


  1. Download file-file konfigurasi 'Certificate Bundle' di vpnbook.com. Buka di tab OpenVPN, download salah satu bundle di link server yang disediakan (kita coba euro2 server). Ekstrak file di direktori yang mudah diakses. Hasil ekstrak adalah file-file .ovpn.
  2. Cek ip public. Bisa dengan google search >> 'my ip'
  3. Install openvpn (lewati jika sudah terinstall). Dalam langkah ini kita menggunakan OS Linux. Namun versi Windows juga ada di website openvpn. Versi CLI di Linux dan Windows hampir sama.
  4. Buka terminal, ketikkan openvpn. Jika sudah berhasil terinstall, maka tampak opsi-opsi yang bisa digunakan. Kali ini kita mencoba menggunakannya tanpa opsi apapun.
  5. Pindah direktori dengan perintah cd direktori-file-konfig. Pilih salah satu file konfigurasi sesuai port aplikasi yang hendak dipasang VPN, (80 - HTTP, 443 - HTTPS, 53 - DNS dsb). Untuk browsing kita bisa gunakan yang 80 atau 443. Jalankan command berikut :
    openvpn nama-file-konfig --> openvpn vpnbook-euro2-tcp443.ovpn
  6. openvpn memproses perintah dan mengeluarkan pesan-pesan. Tunggu hingga ada pesan sukses 'Initialization sequence completed' di terminal. Cek ip public lagi, jika sudah berubah maka berhasil terhubung ke jaringan VPN OpenVPN.
Done. Jika ada masalah seperti proses koneksi tidak segera ada pesan 'Initialization sequence completed', coba tunggu sekitar 5-10 menit atau gunakan file konfigurasi dari server lain. Selamat berselancar dengan VPN!

what do you think?

#vpn #networking

Komentar

Total Tayangan Halaman