Intro Programming

Salam,
Hello readers, newbies, pro :)


Programming merupakan proses penulisan kode - kode software pada suatu IDE (Integrated Development Environment) atau sebuah text editor. Kode-kode program sendiri terdiri dari susunan sintaks dan semantik.
Sintaks adalah urutan kata kunci (keyword) yang menjadi ketetapan atau struktur bahasa tersebut. Dalam bahasa manusia sehari-hari bisa diibaratkan seperti SPOK (Subyek Predikat Objek dan Keterangan) dan semacamnya. Semantik menurut google,


"the branch of linguistics and logic concerned with meaning. There are a number of branches and subbranches of semantics, including formal semantics, which studies the logical aspects of meaning, such as sense, reference, implication, and logical form, lexical semantics, which studies word meanings and word relations, and conceptual semantics, which studies the cognitive structure of meaning."
, pendeknya yaitu aturan-aturan bahasa yang menghubungkan antara sintaks dan model komputasi. Secara sederhana, semantik menjelaskan arti dari program itu sendiri.

Banyak bahasa pemrograman yang telah ada saat ini dan bisa digolongkan menurut tingkat kesulitannya. Berikut contoh kecilnya

1. Mudah - Newbie
Contoh : python, javascript, HTML.

2. Menengah - Normal
Contoh : PHP, C, C++.

3. Sulit - Advanced
Contoh : C#, Java.

Hampir semua bahasa pemrograman memiliki karakteristik yang sama seperti variabel, nilai, memori dan aturan-aturan. Di sinilah keuntungan kita sebagai pembelajar di dunia teknologi mengenai bagaimana kita bisa belajar bahasa pemrograman lain setelah belajar satu bahasa pemrograman.

Cara belajar pemrograman yang paling efektif yaitu adalah banyak berlatih, trial and error dan bertekad kuat. Meskipun banyak orang yang mengetahui hal ini namun satu hal yang tetap menjadi kuncinya --- just do it!. Untuk mendukung proses pembelajaran, berikut saya berbagi modul pemrograman bahasa java dari matakuliah yang telah saya tempuh di semester 2.

https://drive.google.com/open?id=1xhp4A2NdJTdrI80yX6V2aqHnzLwkmsV-

Cara belajar sendiri dengan modul:

1. Doa
2. Install Java SDK & Netbeans IDE (silahkan Googling).
3. Kerjakan sesuai perintah di modul, secara urut per bab.

4. Atur jadwal sesuai kemampuan (selesaikan 1 bab 1 hari jika mampu).

Mengapa saya sarankan bahasa Java yang tergolong advanced? Memang tergolong sulit, bisa mudah dengan metode yang benar. Jika sudah mengerti bahasa java dan gaya pemrograman OOP, belajar bahasa lain akan jauh lebih mudah.

Semoga bermanfaat. Silahkan share jangan lupa sertakan sumber blognya :)

Wasalam.

what do you think?

Komentar

Total Tayangan Halaman